Gladi Nalar ISBI Bandung dan ISI Denpasar       Gladi Nalar ISBI Bandung dan ISI Denpasar_1

Pertemuan Gladi Nalar merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari jati diri mahasiswa. Selain merupakan latihan presentasi dan uji publik di ruang ilmiah terbuka juga merupakan ajang berbagi keilmuan, pertukaran wacana, pendalaman konsep, diskusi, serta silaturahmi akademik baik bagi dosen dan para mahasiswa sebagai tindak lanjut BKS PT Seni. Gerakan Sitasi yang telah dimulai ISI Denpasar juga dapat dikembangkan dan diperkuat bersama dengan program Gladi Nalar. Diharapkan ke depannya dapat dilanjutkan dengan penelitian bersama, berkarya bersama, dan meningkatkan silaturahmi untuk kemajuan bersama PT Seni.

Penyaji Pertama, Titi Krisnati, Mahasiswa Penciptaan Seni ISI Denpasar, yang mengkaji tentang Feta Batu NIAS sebuah instrumen musik dari bongkahan batu yang ditemukan tahun 2003. Kajiannya menemukan nilai kearifan lokal yang selalu terinternalisasi dalam pemilik kebudayaan. Penyaji kedua, I Dewa Ketut Wicaksandita, mahasiswa Pengkajian Seni ISI Denpasar yang mengulas mengenai Bentuk dan Gerak Wayang Kaca. Berikutnya penyaji dari ISBI Bandung, R. Widawati Noer Lesmana yang mengkaji Gaya Tari Topeng Klana Sumedang. Penyaji terakhir sesi pertama dari ISBI Bandung yaitu Muhamad Ridwan yang membahas Karakteristik Kepemimpinan dalam Film Sunan Gunung Jati. Sesi Kedua dimulai oleh mahasiswa ISBI Bandung, Rudi Sirajudin yang mengkaji Simbol Pertunjukan Surak Ibra di Garut. Berikutnya dari ISI Denpasar I Gede Adi Sudi Anggara yang membahas Estetika Film Animasi 2 D Cerita Rakyat Bali dan dilanjutkan oleh Ni Luh Ayu Pradnyani Utami yang mengulas tentang Kajian Warna dan Motif Kain Tenun Bali. Presentasi diakhiri oleh Nugraha Hidayat dari ISBI Bandung yang menganalisis Naratif Dongeng Andi Yudha sebagai Story Illustrator.

Tugas peneliti membuktikan apakah dugaannya ada atau tidak ada pada objek materialnya. Membedakan objek material dan objek formal merupakan langkah awal yang harus dipahami. Kemudian dilanjutkan dengan menentukan metode apa yang akan digunakan untuk membaca objek material. Peneliti tidak boleh lupa untuk menghormati apa yang dulu dihormati oleh nenek moyang. (Jumat, 18 Mei 2018)

 

Gladi Nalar ISBI Bandung dan ISI Denpasar  Gladi Nalar ISBI Bandung dan ISI Denpasar  Gladi Nalar ISBI Bandung dan ISI Denpasar  Gladi Nalar ISBI Bandung dan ISI Denpasar_2